Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Kamis Pahing, 8 Nov 2018 13:41 WIB | dibaca (52) | Komentar

Bursa Inovasi Desa Mendorong Kreativitas Pembangunan Desa

Diskominfo - Bupati Bantul Drs. H. Suharsono secara resmi membuka Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bantul Tahun 2018 "Makarya Mbangun Desa". Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Trimulyo, Jetis, Bantul, Kamis (8/11).

Penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa ini merupakan bagian dari Program Inovasi Desa ini menjadi salah satu hal penting untuk dilaksanakan sebagai sarana bagi desa mendapatkan informasi jenis inovasi yang dapat dikembangkan sesuai dengan potensi desa. Bursa Inovasi Desa bertujuan untuk mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) memperkenalkan inisiatif atau inovasi di desa, menjaring komitmen Pemerintah Desa, menjaring komitmen Pemerintah Desa, membantu desa meningkatkan kualitas pembangunan, serta memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan Desa.

Dalam arahanya Bupati Bantul menyampaikan, kegiatan ini mampu menawarkan solusi-solusi konstruktif yang inovatif dalam praktek pembangunan, khususnya penggunaan dana desa secara tepat dan selektif mungkin, sehingga mampu menjawab persoalan-persoalan yang saat ini sedang dihadapi oleh Pemerintah Desa dan masyarakat.

"Masyarakat desa harus selalu kita dorong untuk dapat melakukan inovasidan akselerasi di daerahnya masing-masing. Jangan takut berinovasi selama tidak melanggar aturan," kata Bupati.

Bupati berharap, dari Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 ini akan dapat menjadi ajang untuk bertukar ide antara satu desa dengan desa lainnya di Kabupaten Bantul.

"Kepada desa desa agar terus melakukan inovasi pada desanya masing-masing untuk lebih mendekatkan pelayanan ke masyarakat serta menggali potensi yang ada di daerahnya," jelas Bupati.

Sementara Kepala BPPM D.I. Yogyakarta RA. Arida Oetami M.Kes. mengatakan, Program Inovasi Desa dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

"Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa desa dilingkup Kabupaten," Jelas RA. Arida Oetami.

Acara dilanjutkan dengan Pembukaan Bursa Inovasi Desa ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Bupati Bantul dan Penyerahan Bantuan Permodalan 10 Bumdes diantaranya :

1. Sri Martani Piyungan

2. Triharjo Pandak

3. Argorejo Sedayu

4. Banguntapan

5. Guwosari Pajangan

6. Sumberagung Jetis

7. Trimurti Srandakan

8. Sidomulyo Bambanglipuro

9. Potorono Banguntapan

10. Murtigading Sanden

View post on imgur.com
(ang)