Data Kecamatan

Kecamatan Srandakan

WILAYAH ADMINISTRASI

Kecamatan Srandakan berada di sebelah Barat Daya dari Ibukota Kabupaten Bantul. Kecamatan Srandakan mempunyai luas wilayah 1.454,8831 Ha.

Alamat kantor kecamatan : Jl. Srandakan-Bantul, Telp.(0274) 522809

Desa di wilayah administrasi Kecamatan Srandakan :

  1. Desa Trimurti
  2. Desa Poncosari

GEOGRAFIS

Wilayah Kecamatan Srandakan berbatasan dengan :

  • Utara : Kecamatan Pajangan;
  • Timur : Kecamatan Pandak dan Sanden;
  • Selatan : Samudra Indonesia;
  • Barat : Sungai Progo, Kecamatan Galur, Kab Kulon Progo.

Kecamatan Srandakan berada di dataran rendah. Ibukota Kecamatannya berada pada ketinggian 8 meter diatas permukaan laut. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Bantul adalah 13 Km. Kecamatan Srandakan beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Srandakan adalah 37 ºC dengan suhu terendah 22 ºC. Bentangan wilayah di Kecamatan Srandakan 100 % berupa daerah yang datar sampai berombak.

PENDUDUK

Kecamatan Srandakan dihuni oleh 7.536 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Srandakan adalah 29.225 0rang dengan jumlah penduduk laki-laki 14.116 orang dan penduduk perempuan 15.109 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Sanden adalah 2009 jiwa/Km2. Sebagian besar penduduk Kecamatan Srandakan adalah petani. Dari data monografi Kecamatan tercatat 7.167 orang atau 24,5 % penduduk Kecamatan Sanden bekerja di sektor pertanian.

SENTRA INDUSTRI

• Desa Trimurti, Industri Kerajinan Meubel

WISATA BUDAYA

• Upacara Rasulan / Bersih Dusun Poncosari
• Upacara Sedekah Laut Poncosari

WISATA ALAM / BUATAN

• Pantai Pandan Simo

Pantai ini berada di desa Poncosari, kecamatan Srandakan kurang lebih 30 km dari Yogyakarta ke arah selatan. Terletak bersebelahan dengan Muara Sungai Progo, merupakan pantai paling barat dari deretan pantai Selatan yang masuk wilayah Kabupaten Bantul. Deburan ombak yang besar dan liar dengan kelengkungan ombak yang tajam, suasana mistis yang masih kental dengan banyaknya petilasan yang keramat, hiruk-pikuk nelayan melawan melawan ganasnya ombak merupakan gaya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain panorama pantai yang sangat indah, di Pantai Pandansimo juga terdapat objek wisata Ziarah dan tradisi. Salah satu hal yang dapat menarik minat wisatawan adalah disini wisatawan dapat berbelanja ikan laut langsung dari nelayan lokal.

MAKANAN TRADISIONAL

Di Kecamatan Srandakan terdapat dua sentra industri makanan yaitu :
• sentra industri tahu di desa Trimurti
• sentra industri tempe di desa Poncosari.