Data Kecamatan

Kecamatan Kasihan

WILAYAH ADMINISTRASI

Kecamatan Kasihan berada di sebelah Utara dari Ibukota Kabupaten Bantul. Kecamatan Kasihan mempunyai luas wilayah 3.437,957 Ha.

Alamat kantor kecamatan : Jl. Madukismo, Padokan, Tirtonirmolo Telp (0274) 377597

Desa di wilayah administratif Kecamatan Kasihan :

  1. Desa Ngestiharjo
  2. Desa Bangunjiwo
  3. Desa Tirtonirmolo
  4. Desa Tamantirto o

GEOGRAFIS

Wilayah Kecamatan Kasihan berbatasan dengan :

  • Utara : Kecamatan Ngampilan,
  • Timur : Kecamatan Sewon,
  • Selatan : Kecamatan Sewon dan Pajangan,
  • Barat : Kecamatan Pajangan.

Kecamatan Kasihan berada di dataran rendah. Ibukota Kecamatannya berada pada ketinggian 70 meter diatas permukaan laut. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Bantul adalah 9 Km. Kecamatan Kasihan beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Kasihan adalah 34ºC dengan suhu terendah 22ºC. Bentangan wilayah di Kecamatan Kasihan 80% berupa daerah yang datar sampai berombak dan 20% berupa daerah yang berombak sampai berbukit.

PENDUDUK

Kecamatan Kasihan dihuni oleh 15.559 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Kasihan adalah 77.261 0rang dengan jumlah penduduk laki-laki 38.582 orang dan penduduk perempuan 38.679 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Kasihan adalah 2.247 jiwa/Km2. Sebagian besar penduduk Kecamatan Kasihan adalah petani. Dari data monografi Kecamatan tercatat 12.740 orang atau 16,5 % penduduk Kecamatan Kasihan bekerja di sektor pertanian.

SENTRA INDUSTRI

  • Kasongan, Sentra kerajinan gerabah.
  • Lemah Dadi Bangunjiwo, Sentra kerajinan pahat batu.
  • Gendeng Bangunjiwo, Sentra kerajinan ukir kulit.

WISATA BUDAYA

1. PESANGGRAHAN AMBARBINANGUN

Lokasi di, Kalipakis, Tirtonirmolo, luas keseluruhan kurang lebih 2 ha.

2. SENDANG BANYU TUMPANG Lokasi, Salakan, Bangunjiwo.

3. SISA PAGAR TEMBOK

Lokasi, Jomegatan Ngestiharjo. Bahan yang digunakan batu-bata, ukuran panjang ? 40 m, tebal 0,56 m dan tinggi 1,42 m. Pada jarak tertentu tembok ini di hiasi dengan ceplok bunga.

4. MASJID DONGKELAN

Lokasi, Kauman, Dongkelan, Tirtonirmolo. Masjid ini di kenal juga dengan nama Masjid Nurul Huda dan relatif masih belum mengalami banyak perubahan . Di sebelah barat masjid terdapat komplek makam tua. Di sini dimakamkan Kiai Shihabudin yang menjadi cikal bakal desa Dongkelan sebagai tanah perdikan.

5. SENDANG KASIHAN, PETILASAN SUNAN KALIJAGA

Terletak di Dusun Kasihan Tamantirto.Tepatnya berada sekitar 1,5 km di sebelah barat pabrik gula Madukismo. Menurut legenda setempat Sendang Kasihan ada kaitan erat dengan cerita Rara Pembayun (putra Panembahan Senapati), sebelum masuk ke wilayah Mangir, bersama pengiringnya mandi dan mencuci muka di sendang ini. Proses penyucian diri di sendang ini konon memberi dampak bagi kencantikan Rara Pembayun. Air sendang ini membuat wajah dan tubuh tampak lebih muda, bersinar, dan menimbulkan daya pikat yang luar biasa. Oleh karena itu Sendang Kasihan ini sering disebut juga dengan nama Sendang Pengasihan.

SENTRA MAKANAN TRADISIONAL

Sentra sentra makanan tradisional di Kasihan berupa industri minyak kelapa dan tahu di desa Ngestiharjo.