Berita Bantul

RSS 2.0 Feed | Berita Lainnya

Kamis Legi, 17 Jan 2013 14:28 WIB | dibaca (658) | Komentar

Potensi Kerajinan Bantul Sangat Menjanjikan

Foto Berita 1644 Potensi produk kerajinan di wilayah DIY Khususnya dari Bantul sangat menjanjikan dan menarik bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing dan ragamnyapun sangat fariatif, karena setiap wilayan di DIY dan Bantul mempunyai kehasan produk sendiri-sendiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Kerajinann Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta GKR. Hemas yang dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY Tasbir pada acara pengukuhan Pengurus Dekranasda Kabupaten Bantul Periode Tahun 2012-2017 di Gedung Induk Lantai III Komplek Parasamya, Kamis (17/1).

"Ditengah-tengah antusiasme perajin untuk meningkatkan produksinya, mereka selalu dihadapkan pada permasalahan klasik seperti modal, desain dan pemasaran. Untuk itu hal tersebut memerlukan campur tangan Dekransda untuk melakukan pendampingan. Dengan harapan agar mereka tetap eksis, berkembang dan mampu menjangkau segmen pasar yang lebih luas lagi." tambah GKR Hemas.

Sementara Bupati Bantul dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Bantul Drs. Sumarno PRS. diantaranya menyampaikan ucapan selamat kepada jajaran pengurus dan anggota Dekranasda Kabupaten Bantul yang baru dilantik dan menyampaikan serima kasihnya kepada pengurus pada periode sebelumnya yang telah mengemban tugas dengan baik. "Semoga semangat dan kreativitasnya dapat terus dilanjutkan serta terus ditingkatkan oleh pengurus berikutnya." kata Bupati Bantul.

Melihat semakin diterimanya produk kerajinan kita di pasar yang lebih luas, tambah Bupati, tentunya membuat kita menjadi gembira dan bangga. Namun disisi lain hal tersebut akan menjadi tantangan bagi para perajin kita untuk terus meningkatkan kreativitas dan produktivitas, agar dapat lebih bersaing di kancah yang lebih luas lagi.

"Untuk itulah saya berharap Dekranasda Kabupaten Bantul dapat mengambil peran, terutama dalam memberikan konsultasi dan advokasi kepada para perajin, baik mengenai penguasaan teknis, pemanfaatan teknologi, pengawasan kualitas produk, penguasaan manajemen, perlindungan hukum terhadap hak atas kekayaan intelektual, hak paten dan merek, pengangkatan modal, pemasaran maupun pengembangan jaringan usaha, sehingga produk yang dihasilkan semakin berkualitas dan kompetitif." terang Bupati Bantul.

Pada acara tersebut diserahkan pula kepada para juara lomba desain batik Bantul diantaranya kepada juara I atas nama Yuliana, juara II Gandung Suprapto, Juara III Jawadi, Juara Harapan I Dra. Dwi Hening Jayanti, Juara harapan III Bunga Kusuma Wicitra dan juara faforit oleh Mujadi. Para juara menerima tropi dan piagam dari Dekranasda Kabupaten Bantul. (Sit)

Kirim Komentar Berita
kode rahasia